Jumat, 25 September 2015

Apa itu Oven Laboratorium ?

Posted at  00.19  |  in  Oven Laboratorium


Banyak sekali aktifitas-aktifitas di sebuah laboratorium, mulai dari analis menganalisa suatu sample menggunakan bahan kimia, gelas-gelas kimia dan alat-alat kimia lain yang terdapat disebuah laboratorium, salah satu contoh instrument di laboratorium yaitu Oven, tetapi mungkin belum banyak  yang mengetahui tentang oven laboratorium dan apa fungsinya.


Oven laboratorium berbeda dengan oven yang terdapat di dapur- dapur rumah kita, oven laboratorium atau yang dapat juga disebut drying oven  adalah alat yang berguna untuk memanaskan atau mengeringkan peralatan laboratorium, selain fungsi- fungsi diatas oven  biasanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas laboratorium,zat-zat kimia maupun pelarut organik, dapat pula digunakan untuk mengukur kadar air.

Meskipun drying oven dapat mengeringkan alat gelas tapi tidak semua gelas dapat dikeringkan dengan alat ini  hanya alat gelas dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dikeringkan, gelas – gelas dengan tingkat ketelitian rendah biasanya dapat dikeringkan dengan drying oven sedangkan untuk alat gelas dengan ketelitian tinggi tidak dapat dikeringkan dengan oven.

ruang_lab1.jpglab_kim2.jpg

sebagai contoh apabila gelas dengan ketelitian tinggi tersebut dimasukan ke dalam oven, maka alat gelas tersebut maka alat gelas tersebut akan memuai dan berakibat ketelitiannya tidak lagi teliti. Biasanya digunakan desikator untuk mengeringkannya.

Dipasaran banyak berbagai type dan merek  dari product – product drying oven diantaranya produk dari Binder dan Memmert, Germany.

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Alat Laboratorium . Blogger Template by Bloggertheme9
Published..Blogger Templates. Powered by Blogger.
back to top