Selasa, 17 Maret 2020

Apa Itu Foldscope?

Posted at  02.58  |  in  



Pernah terpikirkan oleh Anda jika ada mikroskop yang bisa dilipat dan dibawa kemana – mana?
Atau pernahkah Anda melihat mikroskop yang kecil dan tipis?
Ya mikroskop itu adalah foldscope.

Foldscope adalah mikroskop mini atau portabel yang sebagian besar bagian – bagiannya terbuat dari kertas, tapi meski terbuat dari kertas Foldscope ini water proof (tahan air) maka tidak perlu khawatir apabila rusak oleh air. Dengan Foldscope, kita bisa melihat bakteri atau sel dalam skala mikroskopik tanpa perlu membawa mikroskop regular yang umumnya berukuran besar.

Dilansir dari Dailymail, Foldscope punya berat setara dengan koin 50 sen hal itu yang membuat foldscope muat di saku, namun hasil pengamatan pada foldscope hampir sama baiknya dengan mikroskop reguler. Foldscope ini mampu melakukan hingga lebih dari 2000 kali pembesaran.


 Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami

Gambar hasil pembesaran menggunakan Foldscope.

Foldscope sudah diuji oleh ahli biologi Amerika, Aaron Pomerantz. Ia menghabiskan waktunya satu bulan di hutan hujan Amazon, Peru, di mana ia menggunakan Foldscope untuk melihat dan mengamati makhluk hidup disana.


 Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami

Manu Prakash dan Jim Cybulski

Foldscope diciptakan oleh Manu Prakash dan Jim Cybulski, Jim adalah mahasiswa PhD di Teknik Mesin di laboratorium Prakash, Universitas Stanford.


Inspirasi untuk Foldscope datang dari kerja lapangan di seluruh dunia (khusus kunjungan ke Thailand pada tahun 2011) di mana mereka terus-menerus mengalami masalah besar yaitu kerusakan mikroskop.

Sumber : www.jagoteknologi.com

Sekian dari artikel diatassemoga dapat membantu dan menambah wawasan Anda.
Butuh mikroskop berkualitas dengan harga terjangkau?
Disini tempatnya, ayo pesan sekarang dan dapatkan penawaran menarik dari Kami.
  • Office  : Jl.Radin Inten II No.61A Duren Sawit Jakarta Timur
  • Email  : sales@alatlabor.com
  • Telp  : 0816-1740-8900 / (021)-8690-6782
  • Fax  : (021)-8690-6781
Tags : Tips merawat mikroskopMikroskop Stereo,  Preparat MikroskopFungsi dan bagian bagian mikroskopPreparat BiologiPreparat ZoologiPreparat BotaniPreparat Mitoses dan MiosesPreparat ParasitologiPreparat HistologiPreparat MikrobiologiPreparat Cell BiologiPreparat EmbriologiCara merawat MikroskopMikroskop StereoPreparat UniversitasMikroskop Disgital, Preparat BotaniPreparat HistologiFungsi Pipet TetesBagian Mikroskop Binokuler Beserta Fungsinya, Kelebihan Dan Kekurangan Mikroskop Digital, Mikroskop stereo berguna untuk melihat suatu dengan realistis gambar tiga dimensi dari seluruh objek, Mikroskop stereo, mikroskop binokuler, pengertian mikroskop, Cara Menggunakan Mikroskop&Perawatan Mikroskop, Apa itu Mikroskop Stereo?,  Sejarah Penemuan Mikroskop, Manfaat dari Mikroskop Siswa, Kenali Mikroskop Anda?,  Penemu Mikroskop Resolusi Tinggi Menangi Nobel Kimia, Sejarah Mikroskop part 1,  Sejarah Mikroskop Part II, Mengenal Mikroskop Elektron, Indonesia dapat Hibah 5 microscope seharga 5 Milyar !!, Mengenal Preparat secara Garis Besar, Cara Membuat dan Mengamati Preparat Mikroskop, Mengenal Preparat Mikroskop, Apa sih mikroskop stereo itu ?,   Cara Menggunakan Mikroskop Siswa, Ciri-Ciri Mikroskop Cahaya, Jenis – Jenis Mikroskop, Cara merawat Mikroskop, Mengenal bagian – bagian Mikroskop ?,  Mendeteksi Bakteri Mikroskop Solusinya, Mikroskop, Pengertian Mikroskop, Moisture Balance, Fungsi Heat Seal Tester, Fungsi Digital Torque Tester, Fungsi Gas Permeability Tester, Pengertian Mikroskop Binokuler, Alat Uji Tarik, Cara menggunakan Tabung Reaksi, Labu Kjeldahl, Fungsi Oil Conten Analyzer, Water Still Iwaki, Compact Conductivity meter LAQUAtwin B-771, Drying Oven Binder ED 23, Humidity tester, Prinsip Kerja Refraktometer, Apa itu Tensile Tester?, Fungsi Torque Tester, Tips Merawat Timbangan Digital, Berbagai jenis Pipet, Hot plate stirrer dan Stirrer bar, Wash Bottle, Fungsi PH Meter bagi kesehatan manusia, Pentingnya Oksigen untuk Tubuh, Thermohygrometer, Preparat Mikroskop, Cara Menggunakkan Oven Dengan Benar, Fungsi Mikroskop

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Alat Laboratorium . Blogger Template by Bloggertheme9
Published..Blogger Templates. Powered by Blogger.
back to top