Selasa, 02 Juni 2020

Berbagai jenis mikroskop dengan berbagai macam fungsinya

Posted at  20.22  |  in  




Dalam melakukan pengamatan di laboratorium, objek yang diamati memiliki berbagai macam karakteristik, maka dibutuhkan alat yang berbeda-beda untuk bisa menampilkan hasil penelitian yang valid terutama dalam pengamatan benda - benda berukuran mikro.

Alat untuk mengamati benda berukuran mikro ini disebut mikroskop. Apa itu mikroskop?

Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk mengamati benda-benda kecil, seperti sel hidup untuk mendapatkan tampilan gambar yang baik dan lebih fokus.

Sebagian besar orang hanya kenal dengan satu jenis mikroskop saja contohnya mikroskop cahaya. Tapi ternyata sangat banyak macamnya dan banyak kegunaannya.

Berikut adalah jenis dan fungsi mikroskop yang dibagi berdasarkan lensa, sumber cahaya, dan fungsinya. Agar bisa mengetahui apa saja mikroskop yang ada.

Jenis-jenis mikroskop berdasarkan lensa


Mikroskop monokuler merupakan jenis mikroskop dengan satu lensa okuler. Fungsi lensa okuler adalah meningkatkan pembesaran untuk melihat objek namun dengan hanya mampu melihat objek yang sederhana, mikroskop monokuler hanya berfungsi untuk penelitian sederhana, maka mikroskop monokuler digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah.


Pada mikroskop binokuler menggunakan dua lensa pembesar sehingga mikroskop jenis ini bisa melihat objek mikroskopis jauh lebih kecil, seperti bakteri, virus, dll. Mikroskop binokuler bisa digunakan untuk keperluan media dan penelitian lanjutan.

Mikroskop Fluorescence

Mikroskop fluorescence meiliki versi mikroskop yang memiliki lensa lebih lengkap. Di dalam mikroskop ini, ada lensa monokuler dan juga lensa binokuler maka mikroskop fluorescence bisa digunakan secara adaptif.

Jenis Mikroskop berdasarkan sumber cahaya


Mikroskop cahaya merupakan mikroskop yang membutuhkan cahaya.
Ada tiga jenis lensa yang digunakan untuk mikroskop cahaya, yaitu
  • lensa okuler terletak di dekat dengan mata
  • lensa objektif terletak di dekat objek, dan
  • lensa kondensor terletak di bawah meja mikroskop.
Jenis mikroskop cahaya.
  • Mikroskop Biological
Mikroskop biological digunakan untuk pengamatan objrk – objek seputar biologi, cocok untuk dipakai pada lembaga pendidikan, seperti sekolah, kampus, hingga para profesional. Penggunaan cahaya matahari bisa dipakai untuk mikroskop jenis ini.
  • Mikroskop Polarizing
Mikroskop polarizing digunakan untuk industri medis dan industri lain seperti mengidentifikasi berlian, cairan, mineral, hingga melihat masalah keretakan di benda-benda keras seperti metal, gelas, dan material lainnya.
  • Mikroskop Mettalurgical
Mikroskop mettalurgical digunakan untuk melihat sisi dalam dari objek yang tidak tembus pandang atau tidak memiliki permukaan yang lebih tipis, seperti keramik, mineral, hingga jarum. Mikroskop mettalurgical menggunakan cahaya bantuan yang disebut mettalurgical, yang menyinari objek dengan fokus tersendiri.
  • Mikroskop Fase Kontras
Mikroskop fase kontras adalah mikroskop yang menggunakan kondensor khusus untuk membantu membuang cahaya keluar dari fase. Biasa digunakan untuk spesimen tak bercacat seperti mempelajari sel-sel.
Mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya matahari. Kelebihan mikroskop electron yaitu memperbesarnya hingga jutaan kali lipat.

Jenis Mikroskop berdasarkan fungsinya

  • Mikroskop Medan Terang
Mikroskop medan terang memanfaatkan fokus cahaya yang jatuh kepada objek, maka benda yang diamati tersebut terlihat lebih terang dibandingkan latar belakangnya. Fungsinya bisa membuat objek yang lebih terang sehingga membuat penelitian lebih optimal lagi.
  • Mikroskop Medan Gelap
Mikroskop medan gelap menggunakan lensa kondensor sebagai lensa khusus yang bisa memantulkan cahaya. Dengan pantulan cahaya yang ada, penampakan objek menjadi lebih terang dan bagian sekelilingnya terlihat lebih gelap.
  • Mikroskop Pendar
Mikroskop pendar digunakan untuk melihat benda asing yang berukuran mikroskopis seperti bakteri dan virus yang biasanya ada di dalam protein. Cara menggunakanya dengan meneteskan cairan pendar kepada objek dan tercipta sebuah reaksi dari benda tersebut, dengan munculnya warna pendar, sehingga mudah diketahui bentuknya.
  • Mikroskop Ultraviolet
Mikroskop ultraviolet mirip mikroskop cahaya. Mikroskop ini menggunakan sinar ultraviolet sebagai sumber cahaya. Penggunaan ultraviolet berguna untuk mendapatkan pembesaran penglihatan yang lebih tinggi karena sinar ultraviolet memiliki gelombang yang pendek.
Mikroskop digital bisa dikatakan merupakan jenis mikroskop model baru yang dilengkapi dengan kamera digital. Mikroskop akan terhubung dengan kamera yang akan menunjukkan output gambar pengamatan pada monitor atau proyektor. Hasil pengamatan bisa dilihat atau ditunjukkan ke orang banyak,

Dengan perkembangan teknologi dan zaman, mikroskop berkembang dari yang sederhana yang hanya menggunakan cahaya sampai mikroskop yang sangat canggih menggunakan kamera, mikroskop merupakan alat bantu yang sudah membawa manfaat besar bagi kehidupan manusia untuk penelitian dan juga edukasi. Dengan mikroskop, penelitian tersebut bisa berguna untuk manusia yang lebih luas lagi.

Butuh mikroskop berkualitas dan terjangkau?

Disini tempatnya, ayo hubungi segera dan dapatkan penawaran menarik dari Kami.

Our Office : Jl. Radin Inten II No. 61A Duren Sawit
Phone : +62 816-1740-8900 / +62 821-1076-5187
Fax : (021) 8690 6781
E-mail : sales@anm.co.id - anugrah.niaga.mandiri@gmail.com
Website:http://www.anm.co.id

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Alat Laboratorium . Blogger Template by Bloggertheme9
Published..Blogger Templates. Powered by Blogger.
back to top