Selasa, 01 September 2015

Thermohygrometer pengukur suhu dan kelembaban udara

Posted at  19.27  |  in  Thermohygrometer

Thermohygrometer adalah gabungan dari thermometer (termometer) ruangan dan hygrometer (higrometer), yaitu alat untuk mengukur suhu udara dan kelembaban, baik di ruang tertutup ataupun di luar ruangan.


Fungsi : Alat pengukur suhu dan kelembapan udara basah dan kering pada suatu ruangan / daerah secara digital.






Ada 2 macam thermohgrometer yaitu analog dan digital. Thermohygrometer digital menunjukkan suhu dan kelembapan dengan angka yang jelas sedangkan thermohygrometer analog berupa jarum untuk menunjukkan suhu dan kelembapan.



Thermohygrometer terdiri dari dua thermometer satu disebut dry bulb dan satunya disebut wet bulb. Dry bulb tetap kering sedangkan wet bulb terdiri dari sumbu kapas yang terendam dalam air. Wet bulb ini mempunyai peranan penting dalam kerja alat ini.


Thermohygrometer bekerja berdasarkan fenomena yang disebut penguapan dingin. Ketika air menguap dari suatu permukaan, permukaan akan dingin karena molekul air membawa energi panas dari permukaan selama penguapan. Karena adanya efek pendinginan ini wet bulb selalu menunjukkan temperatur yang rendah dibandingkan dry bulb. Penguapan air dari permukaan wet bulb sebanding dengan kelembapan udara di atmosfer.

Temperature range : -40~70ºC (-40~158ºF)
Humidity range : 20%RH~90%RH
Accuracy of temperature : ±1ºC (1.8ºF)
Accuracy of humidity : ±5% RH
Resolustion : 1%RH, 0.1ºC/ºF
Sampling rate : 2times/sec
Power: 2*AAA 1.5V battery

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

1 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Alat Laboratorium . Blogger Template by Bloggertheme9
Published..Blogger Templates. Powered by Blogger.
back to top